Makanan Penambah Darah Yang Menyehatkan

Makanan Penambah Darah Yang Menyehatkan
Makanan Penambah Darah Yang Menyehatkan

Tubuh kita membutuhkan pasokan darah yang cukup, sehingga produksi darah merah harus dijaga secara teratur. terutama dengan mengonsumsi makanan sehat yang meningkatkan aliran darah. Salah satunya dhttps://sangobion.co.idapat Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan penambah darah yang sehat.

Jika tubuh Anda mengalami kekurangan darah, bisa jadi Anda menderita anemia. Anemia merupakan kondisi di mana tubuh tidak mendapatkan pasokan zat besi yang cukup. Tanpa zat besi, tubuh tidak akan mampu menghasilkan sel darah merah yang cukup.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang kaya akan zat besi, antara lain:

1. Sayuran hijau

Salah satu makanan yang kaya akan zat besi dan mencegah KEKURANGAN ZAT BESI adalah sayuran hijau. Menurut Healthline,  100 gram bayam mengandung 2,7 miligram zat besi. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk memaksimalkan penyerapan zat besi. Sayuran hijau satu ini juga mempunyai kandungan karotenoid yang baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

2. Seafood

Aneka makanan laut, seperti kerang, udang, dan kepiting, ternyata juga sangat baik untuk melancarkan darah karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Namun, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi ikan dengan kalsium justru dapat mengurangi penyerapan zat besi.

3. Kacang-kacangan

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, biji-bijian juga mempunyai kandungan serat, lemak sehat, serta berbagai macam nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Pada 28 gram kacang almond, terapat 33 persen kebutuhan tembaga setiap harinya. Sementara kacang mete bisa memenuhi kebutuhan tembaga mencapai 67 persen.

4. Susu

Selain zat besi, vitamin B-12 merupakan salah satu zat penambah darah. Dilansir dari Healthline, vitamin B-12 digunakan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan saraf, sehingga produksi DNA dalam sel darah dapat berjalan dengan lancar. Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan vitamin B-12 adalah susu dan produk olahannya.

5. Wortel

Wortel mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi, wortel juga sangat baik dikonsumsi dan dapat dijadikan sebagai pendukung dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Diketahui, satu buah wortel ukuran besar, mengandung 509 micrograms dari kebutuhan manusia.

6. Daging

Selain buah dan sayur, daging juga berkhasiat untuk menambah darah. Makanan yang biasa disantap oleh masyarakat Indonesia ini memiliki kandungan zat besi dan protein yang tinggi, sehingga sangat cocok bagi penderita anemia untuk memakan makanan lezat ini.

7. Kismis

Buah kering yang satu ini ternyata juga memiliki kandungan yang kaya akan zat besi. Kismis dapat ditambahkan ke kue, sereal, oatmeal atau dimakan langsung.

Itulah beberapa makanan penambah darah yang sehat dan bergizi serta dapat Anda gunakan untuk menambah darah. Jika dengan memakan makanan tersebut Anda tetap merasakan gejala anemia kami sangat menyarankan Anda untuk meminum suplemen penambah darah sesuai resep dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published.