Makanan Penambah Darah Untuk Atasi Anemia

Makanan Penambah Darah Untuk Atasi Anemia
Makanan Penambah Darah Untuk Atasi Anemia

Penyakit Anemia adalah kondisi di mana sel darah merah lebih rendah daripada jumlah darah pada normalnya. Anemia bisa terjadi ketika sel darah merah tidak mengandung haemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang kaya akan zat besi dan sangat penting bagi tubuh karena terdapat protein yang membantu sel darah merah membawa oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh. Tanda tanda dari anemia yang paling menonjol yaitu saat tubuh Anda merasakan kelelahan atau lemas, tangan pucat, sesak napas, dan pusing pada kepala. Hal tersebut disebabkan karena tubuh kurang sel darah merah yang mengandung hemoglobin untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

Tubuh membutuhkan beberapa vitamin, mineral dan nutrisi untuk memproduksi sel darah merah. Zat terpenting dalam memproduksi sel darah adalah zat besi, folat dan vitamin B12. Zat besi merupakan bagian dari hemoglobin, jika kita kekurangan asupan zat besi itu bisa menjadi faktor menurunnya sel darah merah yang ada dalam tubuh. Zat besi bisa dibedakan menjadi 2 yaitu zat besi heme dan non heme. Zat besi heme bisa didapatkan saat mengonsumsi unggas, daging, serta ikan. Sementara itu non heme bisa didapatkan pada kacang kacangan, sayur sayuran dan buah buahan.

Kita harus rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi agar tubuh tidak mengalami kekurangan zat besi. Ada beberapa makanan yang bisa menambah darah seperti daging merah karena daging merah termasuk bahan makanan yang paling mudah ditemui di pasar atau swalayan. Banyak orang yang menjual daging merah dengan berbagai macam, Anda harus membiasakan memilih daging yang memiliki kualitas yang bagus dan terlihat fresh. Kandungan dalam 100 gram daging merah terdapat 2.7 mg zat besi. Bagian seperti Jeroan dan organ dalam hewan seperti hati, ginjal, otak serta jantung megandung zat besi sangat tinggi. Didalam 100 gram hati sapi mengandung 6.5 mg zat besi di mana itu sudah mencukupi 36% asupan harian. Sama dengan daging merah daging unggas, seperti daging ayam dan bebek juga bisa membantu menambah darah.

Selain daging ada juga beberapa macam buah yang dapat membantu menambah darah seperti, Jeruk, Buah Jeruk mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat yang terdapat pada jeruk bisa membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang baru. USDA National Nutrision Database for Standart Reference, mengatakan bahwa kandungan asam folat yang ada dalam satu gelas jeruk sebesar 31,5 mcg. Selain terdapat kandungan asam folat Jeruk juga kaya akan vitamin C yang bisa berguna bagi tubuh manusia. Cara mengonsumsi jeruk juga beragam, bisa dimakan langsung atau di peras untuk diminum airnya saja.

Selanjutnya ada Stroberi, sama hal nya dengan jeruk buah stroberi juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, oleh karena itu stroberi sangat membantu untuk menambah darah, karena warna nya yang menarik dan bentuk yang unik stroberi merupakan buah yang banyak diminati oleh masyarakat khususnya wanita, dan juga karena stroberi memiliki rasa yang sangat manis .

Wortel mempunyai kandungan vitamin A yang berperan untuk memproduksi sel darah merah dan mengantar oksigen ke sel-sel yang ada dalam tubuh.

Buah selanjutnya ada semangka, warna yang menarik dari buah ini yaitu warna merah dan juga rasa yang manis ternyata juga mempunyai kandungan yang sangat penting bagi tubuh. Semangka mengandung vitamin C yang dapat memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi karena vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting.

Alpukat, buah yang satu ini juga mengandung folat cukup tinggi untuk menambah darah. Dengan mengonsumsi setengah cangkir alpukat terdapat 45 mikrogram folat. Buah yang memiliki warna cantik dan juga rasa yang manis membuat buah ini sangat disukai oleh banyak orang. Sama hal nya dengan Jeruk, Alpukat juga bisa dimakan dengan banyak cara biasanya buah alpukat dikonsumsi dengan cara di jus ataupun dimakan secara langsung, banyak orang yang memakan buah alpukat dengan ditambahkan susu kental manis.

Selain mengonsumsi buah buahan, mengonsumsi sayuran juga sangat penting untuk membantu menambah darah. Ada beberapa sayuran yang dapat membantu untuk menambah darah diantaranya: Bayam Merah. Menurut riset penelitian terdapat beberapa orang yang mengalami anemia dari gejala DBD lalu dokter menyarankan untuk mengonsumsi bayam merah dan meminum suplemen penambah darah untuk membantu proses produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain bayam merah, Kedelai juga bisa membantu tubuh untuk menambah darah. Kedelai merupakan salah satu sumber zat besi yang sangat diperlukan untuk proses metabolisme, karena dari 1,5 cangkir kacang kedelai terdapat kandungan 4 mg zat besi.

Dari semua penjelasan di atas terdapat beberapa macam makanan yang berperan penting dan sangat membantu untuk penambahan sel darah merah dalam tubuh. Pada intinya, kita semua memang harus menanamkan pola hidup sehat dari sekarang dengan cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin serta zat besi. Tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar jika kita menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumi makanan yang mengandung banyak vitamin. Menghindari makanan yang tidak bergizi, seperti junk food atau jajanan di pinggir jalan juga sangat penting karena belum tentu terbukti keamanan dan kebersihan nya

Leave a comment

Your email address will not be published.